Sabtu, 13 Oktober 2012

PENGARUH KELAS SOSIAL DAN STATUS


PENGARUH KELAS SOSIAL DAN STATUS

Kelas social dan status juga dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Ini terlihat jelas pada pusat-pusat perbelanjaan. Pasar dapat merangkul kelas menengah kebawah sedangkan mall dapat merangkul kalangan menengah keatas. Perusahaan sebelum memasarkan produk harus mengidentifikasi produk tersebut kedalam 3 golongan, golongan keatas, golongan menengah, golongan kebawah. Saat perusahaan sudah dapat memprediksi produk yang dimaksud dapat dipasarkan.
Menurut Bilson Simamora dalam bukunya yang berjudul panduan riset perilaku konsumen, kelas social adalah susunan yang relative permanen dan teratur dalam suatu masyarakat yang anggotanya mempunyai nilai, minat dan perilaku yang sama. Kelas social tidak ditentukan oleh factor tunggal seperti pendapatan tetapi diukur sebagai kombinasi pekerjaan, pendapatan, pendidikan kekayaan dan variable lainnya. Kelas social memperlihatkan preferensi produk dan merk yang berbeda. Pengukuran kelas social tidak bisa dinilai secara angka, tapi bisa dilihat dari kemampuan seseorang untuk membeli produk. Seperti contoh seorang direktur dapat membeli mobil, sedangkan penjahit dapat membeli sepeda motor saja. Kelas social bukan keadaan yang permanen, bisa berubah sewaktu-waktu menurut situasi dan kondisi. Misalkan, seorang penjahit tersebut mendapatkan hadiah 1 milyar. Maka penjahit tersebut dapat membeli sebuah mobil seperti seorang direktur. Sehingga benar dapat dikatakan bahwa pendapatan bukan merupakan penentu kelas social. Saat penjahit akan membeli mobil, penjahit tersebut menjadi target perusahaan. Dengan demikian perusahaan dapat mensegmentasi pasar dengan keadaan social, maksudnya untuk mempermudah memasarkan produk sesuai kemampuan konsumen. Sehingga perusahaan masih bisa mendapatkan kepuasaan dari konsumen atas produk yang telah dibeli.

1 komentar:

  1. Menurut Bilson Simamora, apa yang dimaksud dengan kelas sosial dan bagaimana kelas sosial dapat mempengaruhi preferensi produk dan merek? Visit us Telkom University

    BalasHapus