Selasa, 18 Oktober 2011

DISKUSI PANCASILA

PENDIDIKAN PANCASILA
DOSEN PENGASUH : MOESADIN MALIK, IR., M.SI


NAMA            : RESTINA PUTRI
NPM               : 18210977
KELAS           : 2EA01


“Ada yang mengatakan bahwa lahirnya pancasila diilhami gagasan-gagasan besar dunia dan pengalaman bangsa-bangsa lain. Dan ada yang mengatakan bahwa pancasila berakar pada kepribadian bangsa Indonesia sendiri. Apakah dari dua pernyataan tersebut tidak saling bertentangan dan apakah memang pancasila sebagai ideologi gado-gado ?”
Jelaskan pokok-pokok pikiran pandangan anda.

Yang pertama jelas saling bertentangan.
Walau pun Indonesia pernah dijajah oleh bangsa lain namun dalam merumuskan dasar negara, Indonesia tidak mewarisi gagasan-gagasan besar dunia atau pun pengalaman bangsa-bangsa lain. Pancasila murni digali dari pandangan hidup bangsa Indonesia sendiri. Dalam sejarah singkatnya, pancasila memiliki arti panca = lima ; sila = dasar yang dikenal pada masa kerajaan Majapahit. Tertuang pada kitab Nagarakertagama & kitab Sutasoma ,masing-masing karangan Mpu Pra Panca dan Mpu Tantular. Pancasila sendiri diambil dari bahasa Sansekerta, sehingga jelas pancasila sudah ada sejak zaman dahulu kala. Istilah pancasila sendiri ‘lahir’ pada tanggal 1 Juni 1945 dan disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. 5 dasar tersebut (pancasila) cangkupan dalam kehidupan bersama bagi bangsa Indonesia yang sangat beragam agar tetap bersatu padu sebagai NKRI. Kemudian pancasila ini merupakan sebagai akar budaya bangsa Indonesia, sebab pancasila tidak menganut liberalisme atau pun ideologi lainnya. Oleh karenanya pancasila dinilai sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia pada waktu mendirikan negara.

Yang kedua pancasila sebagai ideologi gado-gado adalah salah. Pancasila adalah identitas bangsa yang menjadi ciri khas kepribadian Indonesia. Pancasila lahir dari cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia, pancasila ini sebagai acuan sumber dari segala sumber hukum dan pancasila ialah falsafah hidup yang mempersatukan bangsa Indonesia. Sehingga pancasila mewakili jiwa bangsa Indonesia



“Agama merupakan pandangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari, termasuk hidup berorganisasi. Pancasila juga merupakan pedoman dalam semua segi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Apakah itu tidak berarti meng-agama-kan pancsila ?
Jelaskan pokok-pokok pikiran pandangan anda.”

Agama dengan pancasila mempunyai peranan yang berbeda. Pancasila mengatur ketatanegaraan berbangsa dan bernegara. Sedangkan agama mengatur masyarakat dalam hubungan manusia dengan tuhannya dan manusia dengan semua mahluk,tidak mengatur negara. Hanya didalam pancasila terdapat ‘ketuhanan yang maha esa’ (sila pertama) yaitu sebagai salah satu sila kehidupan beragama bangsa Indonesia, dimana bernegara harus berketuhanan. Karena agama adalah tuntunan hidup didunia supaya bersinergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar