Sabtu, 20 April 2013

HIPOTESIS

Pengertian hipotetsis :
Untuk materi selanjutnya yang akan dibahas disini adalah hipotesis. Dalam melakukan sebah penelitian bisnis diperlukan sebuah hipotesis, hipotesis merupakan argumen sementara secara bahasa simpelnya. Untuk  pegertian detailnya hipotesis merupakan proposisi yang dirumuskan dengan maksud untuk diuji secara empiris. Proporsi merupakan ungkapan atau pernyataan yang dapat dipercaya, disangkal atau diuji kebenarannya, mengenai konsep yang menjelaskan atau memprediksi fenomena-fenomena.

Kegunaan hipotesis :
1.)    Hipotesis menjelaskan masalah penelitian dan pemecahannya secara rasional.
2.)    Hipotesis menyatakan variable-variabel penelitian yang perlu diuji secara empiris.
3.)    Hipotesis digunakan sebagai pedoman untuk memilih metode-metode pengujian data.
4.)    Hipotesis menjadi dasar untuk membuat kesimpulan penelitian.
Untuk itu dalam membuat hipotesis tidak sembarangan atau tidak mengikuti penelitian sebelumnya secara sama, oleh karenanya kita sebagai peneliti harus memperhatikan definisi hipotesis dan kegunaan hipotesis dalam melakuakan kajian penelitian. Agar tepat sasaran maka diperlukan pengetahuan mengenai ciri-ciri hipotesis yang baik. Berikut akan diuraikan mengenai cirri-ciri hipotesis yang baik.
Ciri-ciri hipotesis yang baik :
1.)    Berupa pernyataan yang mengarah pada tercapainya tujuan penelitian.
2.)    Berupa pernyataan yang dirumuskan dengan maksud untuk dapat diuji secara empiris.
3.)    Berupa pernyataan yang dikembangkan berdasarkan teori-teori yang lebih kuat dibandingkan dengan hipotesis rivalnya.
Selanjutnya hipotesis dapat dirumuskan dalam bentuk :
1.)    Proporsi yang dapat diuji.
2.)    Pernyataan “jika-maka”
3.)    Hipotesis nol
4.)    Hipotesis alternatif
Yang biasa digunakan dalam penelitian adalah adanya hipotesis awal atau hipotesis nol kemudian yang dibarengi dengan adanya hipotesis alternatif. Hipotesis alternatif merupakan sebuah hipotesis jika hipotesis nol tidak dapat diterima atau ditolak.
Menulis bukanlah hal yang sulit sebenarnya, jika peneliti dapat memahami konsep penelitian maka peneliti akan dengan mudah melakukan sebuah penelitian. Tidak percaya? Silahkan mencoba J

Sumber : Buku Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen karangan Nur Indriantoro dan Bambang supomo tahun 2002 penerbit BPFE Jogjakarta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar