Selasa, 30 April 2013

VARIABEL DATA

Dalam sebuah penelitian, jika peneliti sudah memiliki hipotesis langkah selanjutnya adalah menguji hipotesis yang ada yaitu dengan mengolah data yang ada. Data penelitian pada dasarnya dapat dikelompokan menjadi data subyek, data fisik dan documenter.
1.)    Data subyek merupakan jenis data peneltian yang berupa opini, sikap, pengalaman atau karakteristik dari seserorang atau sekelompok orang yang memiliki subyek penelitan (responden).
2.)    Data fisik adalah jenis data penelitian yang berupa obyek atau benda-benda fisik, anatara lain dalam bentuk : bangunan atau bagian dari bangunan, pakaian, buku, dan senjata atau benda yang berwujud lainnya.
3.)    Data documenter ialah jenis data peneltian yang antara lain berupa faktur, jurnal, surat-surat, notulen hasil rapat, memo atau dalam bentuk laporan program.
Proses penelitian adalah adanya data, data dapat berupa sampel maupun populasi. Pengertian populasi adalah sekelompok orang, kejadian atau segala sesuatu yang mempunyai karakteristik tertentu. Selanjutnya pengertian sampel ialah sebagian dari elemen-elemen populasi yang diambil atau digunakan baik secara acak ataupun tersusun yang sekiranya dapat mewakili sebuah populasi.
Selanjutnya meliputi varibel, pengertiannya ialah segala sesuatu yang dapat diberi berbagai macam nilai. Variable dapat diukur dengan berbagai macam nilai tergantung pada construct yang diwakilinya. Variable penelitian dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa pendekatan, diantaranya adalah berdasarkan : fungsi varibel, skala nilai variable, dan perlakuan terhadap variable.
Fungsi variable dalam ubungan antar variable yaitu : variable independent, variable dependen, variable moderating dan variable intervening.
Variable independen merupakan tipe variable yang menjelaskan atau mempengaruhi variable lain. Variable dependen adalah tipe variable yang dijelaskan atau dipengarhui oleh variable independen. Variable moderat ialah tipe variable-variabel yang memperkuat atau memperlemah hubungan langsung antara variable independen dengan variable dependen. Variable tipe ini mempunyai pengaruh terhadap sifat atau arah hubungan antar variable. Variable intervening adalah tipe variable-variabel yang mempengaruhi hubungan antar variable independen dengan variable dependen menjadi hubungan tidak langsung. Sehingga varibel independen tidak langsung menjelaskan atau mempengaruhi variable dependen.

Tentu sangat dibutuhkan variable yang benar dalam melakukan sebuah penelitian, agar penelitian terarah dengan baik untuk mencapai tujuan penelitian. Sehingga peneliti harus memperhatikan jenis penelitian yang sedang dilakukan untuk menggunakan variable yang dibutuhkan dalam penelitian yang bersangkutan.



Sumber : Buku Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen karangan Nur Indriantoro dan Bambang supomo tahun 2002 penerbit BPFE Jogjakarta.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar