Rabu, 10 April 2013

METODE ILMIAH

METODE ILMIAH
Suatu perusahaan yang memiliki banyak laba belum tentu memiliki banyak laba bersih yang banyak, juga dengan laporan keuangan yang memiliki angka tinggi belum tentu merupakan kategori kinerja keuangannya sehat atau baik. Untuk itu diperlukan kajian mengenai hal tersebut, maka dilakukanlah sebuah penelitian. Dalam melakukan sebuah penelitian memerlukan metode ilmiahnya. Mengapa? Karena dalam membenarkan suatu argumen harus dengan bahasan ilmiah yang dapat diterima.
Menurut Wikipedia, metode ilmiah adalah proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Peneliti melakukan penelitian dengan merumuskan argument yang disebut dengan hipotesis. Hipotesis inilah yang akan diuji dengan metode ilmiah.
Unsure dari metode ilmiah ada 4, yaitu :
1.      Karakterisasi (pengamatan dan pengukuran).
2.      Hipotesis (penjelasan teoritis yang merupakan dugaan atas hasil pengamatan dan pengukuran).
3.      Prediksi (deduksi logis dari hipotesis).
4.      Eksperimen (pengujian atas semua hal diatas).
Karakterisasi metode ilmiah yaitu adanya tujuan penelitian, adanya metode penelitian dan ubungan penelitian dengan ilmu.
Tujuan penelitian :
1.)    Untuk mengembangkan penelitian
2.)    Untuk memecahkan masalah dan menjawab pertanyaan penelitian.
Tujuan pertama bersifat jangka panjang, karena tidak terkait langsung dengan pemecahan masalah praktis. Tujuan kedua merupakan tujuan yang bersifat jangka pendek, karena hasil ini menekankan pada pemecahan masalah praktis untuk pertimbangan dalam pembbuatan keputusan bisnis.
Metode penelitian, bahwa penelitian merupakan usaha penyelidikan yang sistematis dan terorganisasi. Metode penelitian berisis pengetahuan yang mengkaji ketentuan mengenai metode yang digunakan dalam penelitian.
Penelitian dan ilmu, merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan.
Dalam melakukan penelitian pun ada langkah-langkah yang harus ditempuh, tidak sembarang melakukan penelitian. Ada 4 tahap dalam yaitu :
1.)    Masalah atau pertanyaan penelitian
Dalam tahap ini, merupakan tahap awal yang penting karena untuk melakukan penelitian diperlukan sebuah masalah karena tujuan penelitian adalah memecahkan masalah.
2.)    Telaah teoritis
Merupakan kajian teori sebgai dasar dalam menghasilkan jawaban yang dapat diterima sebagai sumber kebenaran.
3.)    Pengujian fakta
Terdiri atas proses pemilihan, pengumpulan dan analisis fakta yang terkait dengan masalah yang diteliti.
4.)    Kesimpulan
Hasil akhir dari pengujian fakta, dimana peneliti harus melakukan rangkuman dalam menjawab masalah atau pertanyaan penelitian untuk pengambilan keputusan.

Sehingga untuk melakukan penelitian yang baik diperlukan metode yang baik agar masalah yang ada dapat terpecahkan secara ilmiah dan ilmu yang digunakan dapat bermanfaat. Selamat mencoba untuk melakukan penelitian kecil pembaca J




Sumber :
Wikepedia Indonesia
Buku Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen karangan Nur Indriantoro dan Bambang supomo tahun 2002 penerbit BPFE Jogjakarta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar