Salah
satu faktor keputusan konsumen dalam pembelian dan memilih konsumsunya adalah
pengaruh kebudayaan. Kebudayaan merupakan kebiasaan yang ada pada setiap diri
masyarakat yang dilakukan secara berulang dan terus-menerus. Kebudayaan khususnya
di Indonesia ada banyak sekali, pertama dipengaruhi oleh masing-masing daerah,
kedua dipengaruhi oleh pola pikir.
Dalam option yang pertama, kebudayaan yang
dipengaruhi oleh masing-masing daerah merupakan kebudayaan yang berdasarkan
sikap dan perilaku masyarakat yang berada disekelilingnya. Sebagai contoh
kebiasaan orang tua untuk membeli sabun mandi bermerek “XYZ”, sejak kecil sang
anak telah mengenal saat ia mandi menggunakan sabun mandi merek “XYZ” sehingga
saat sudah dewasa, jika porduk tersebut masih ada dipasaran maka akan membeli
sabun yang bermerek sama. Besar kemungkinan karena dipengaruhi oleh kebiasaan
keluarganya menggunakan sabun “XYZ” yang menimbulkan efek kenyamanan terhadap
produk tersebut.
Untuk option yang dipengaruhi oleh pola pikir adalah jika
orang tersebut keluar dari lingkungan, maksudnya menemukan hal lain selain
kebiasaan yang dilakukan. Ini biasanya terjadi pada masyarakat yang mengalami
perpindahan dari kota asal. Saat orang tadi menggunakan sabun merek “XYZ” lalu
pindah ke luar kota dan mendapatkan sabun dengan merek “ABC” dengan harga dan
kualitas yang sama maka orang tersbut bisa saja berpindah jenis sabun. Keadaan ini
bisa saja terjadi saat sabun merek “ABC” tidak didapatkan pada daerah yang
bersangkutan, sehingga yang lebih dikenal oleh masyarakat adalah sabun bermerk “XYZ”.
Pada era global seperti saat ini, pengaruh-pengaruh mudah sekali masuk kedalam
kebudayaan masyarakat.
Faktor komunikasi yang lebih cepat yang menjadikan
pengaruh-pengaruh kebudayaan turut serta terhadap pembelian dan konsumsi
konsumen. Jelas, pengaruh kebudayaan bisa ditelaah untuk menganalisis perilaku
konsumen. Manajer perusahaan menjadikan ini sebagai peluang dalam mengembangkan
strategi. Apalagi di Indonesia pengaruh kebudayaan masih sangat kuat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar