Minggu, 11 November 2012

PENGARUH KEBUDAYAAN TERHADAP PEMBELIAN DAN KONSUMSI



Salah satu faktor keputusan konsumen dalam pembelian dan memilih konsumsunya adalah pengaruh kebudayaan. Kebudayaan merupakan kebiasaan yang ada pada setiap diri masyarakat yang dilakukan secara berulang dan terus-menerus. Kebudayaan khususnya di Indonesia ada banyak sekali, pertama dipengaruhi oleh masing-masing daerah, kedua dipengaruhi oleh pola pikir.

Dalam option yang pertama, kebudayaan yang dipengaruhi oleh masing-masing daerah merupakan kebudayaan yang berdasarkan sikap dan perilaku masyarakat yang berada disekelilingnya. Sebagai contoh kebiasaan orang tua untuk membeli sabun mandi bermerek “XYZ”, sejak kecil sang anak telah mengenal saat ia mandi menggunakan sabun mandi merek “XYZ” sehingga saat sudah dewasa, jika porduk tersebut masih ada dipasaran maka akan membeli sabun yang bermerek sama. Besar kemungkinan karena dipengaruhi oleh kebiasaan keluarganya menggunakan sabun “XYZ” yang menimbulkan efek kenyamanan terhadap produk tersebut.

Untuk option yang dipengaruhi oleh pola pikir adalah jika orang tersebut keluar dari lingkungan, maksudnya menemukan hal lain selain kebiasaan yang dilakukan. Ini biasanya terjadi pada masyarakat yang mengalami perpindahan dari kota asal. Saat orang tadi menggunakan sabun merek “XYZ” lalu pindah ke luar kota dan mendapatkan sabun dengan merek “ABC” dengan harga dan kualitas yang sama maka orang tersbut bisa saja berpindah jenis sabun. Keadaan ini bisa saja terjadi saat sabun merek “ABC” tidak didapatkan pada daerah yang bersangkutan, sehingga yang lebih dikenal oleh masyarakat adalah sabun bermerk “XYZ”. Pada era global seperti saat ini, pengaruh-pengaruh mudah sekali masuk kedalam kebudayaan masyarakat.

Faktor komunikasi yang lebih cepat yang menjadikan pengaruh-pengaruh kebudayaan turut serta terhadap pembelian dan konsumsi konsumen. Jelas, pengaruh kebudayaan bisa ditelaah untuk menganalisis perilaku konsumen. Manajer perusahaan menjadikan ini sebagai peluang dalam mengembangkan strategi. Apalagi di Indonesia pengaruh kebudayaan masih sangat kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar