Kaum
wanita memiliki perasaan yang lebih peka dibandingkan dengan pihak pria. Ini yang
menjadikan wanita lebih menyukai keindahan dan kelembutan. Dalam memasarkan
produk mutiara air tawar yang saya lakukan dengan teman-teman dikampus,
hasilnya cukup menarik. Banyak wanita yang tertarik dengan gelang, cincin,
kalung dan bros yang dihiasi dengan mutiara air tawar dari NTB (Nusa Tenggara
Timur). Ini bisa menjadi sasaran yang baik untuk memasarkan produk. Salah satu
perilaku konsumen wanita mengaku bahwa ia sangat menyukai pernak-pernik gelang
yang bisa ia gunakan untuk pergi ke acara formal maupun hanya bermain dengan
teman. Menjadi daya tarik untuk dianalisis bahwa membeli produk bukan hanya
sekedar untuk pelengkap gaya, namun sebagai kebutuhan dalam bergaya. Ini salah
satu tangkapan hasil analisis yang sangat sederhana. Jika riset ini dilakukan
dengan lebih formal, maka penjualan produk pun lebih mudah untuk tepat sasaran.
Wanita juga memiliki tingkat emosional tinggi dalam pembelian sebuah produk. Ini
ada kaitannya dengan perilaku konsumen juga, diamana bisa dimanfaatkan untuk
mengambil peluang. Wanita dalam memilih produk sebagian besar dilakukan untuk
memenuhi kepuasaan bathinnya. Tidak melihat seberapa besar kegunaan dan
seberapa pentingnya. Menurutnya sangat penting untuk ‘kebutuhan’ melengkapi
penampilan. Semoga kedepannya bisa dilakukan riset yang bisa mendapatkan hasil
yang dapat diproses lebih lanjut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar