Minggu, 11 November 2012

PERILAKU KONSUMEN WANITA TERHADAP PRODUK MUTIARA



Kaum wanita memiliki perasaan yang lebih peka dibandingkan dengan pihak pria. Ini yang menjadikan wanita lebih menyukai keindahan dan kelembutan. Dalam memasarkan produk mutiara air tawar yang saya lakukan dengan teman-teman dikampus, hasilnya cukup menarik. Banyak wanita yang tertarik dengan gelang, cincin, kalung dan bros yang dihiasi dengan mutiara air tawar dari NTB (Nusa Tenggara Timur). Ini bisa menjadi sasaran yang baik untuk memasarkan produk. Salah satu perilaku konsumen wanita mengaku bahwa ia sangat menyukai pernak-pernik gelang yang bisa ia gunakan untuk pergi ke acara formal maupun hanya bermain dengan teman. Menjadi daya tarik untuk dianalisis bahwa membeli produk bukan hanya sekedar untuk pelengkap gaya, namun sebagai kebutuhan dalam bergaya. Ini salah satu tangkapan hasil analisis yang sangat sederhana. Jika riset ini dilakukan dengan lebih formal, maka penjualan produk pun lebih mudah untuk tepat sasaran. Wanita juga memiliki tingkat emosional tinggi dalam pembelian sebuah produk. Ini ada kaitannya dengan perilaku konsumen juga, diamana bisa dimanfaatkan untuk mengambil peluang. Wanita dalam memilih produk sebagian besar dilakukan untuk memenuhi kepuasaan bathinnya. Tidak melihat seberapa besar kegunaan dan seberapa pentingnya. Menurutnya sangat penting untuk ‘kebutuhan’ melengkapi penampilan. Semoga kedepannya bisa dilakukan riset yang bisa mendapatkan hasil yang dapat diproses lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar