Sabtu, 30 November 2013

Bisnis Online yang terjadi saat ini dikalangan Masyarakat Indonesia


Hal yang paling sering dijumpai pada bisnis online adalah barang tidak sesuai dengan gambar yang diberikan, atau tidak sesua dengan kondisi yang dipublikasikan atau ada beberapa hal yang disembunyikan. Sangat disayangkan, karena bisnis online merupakan salah satu bisnis yang mudah dan murah untuk dijalani. Namun ada beberapa pihak yang menggunakan bisnis online dengan tidak baik, akibatnya kurangnya kepercayaan dari konsumen dalam membeli sebuah barang dari bisnis online. Memang ada beberapa bisnis online yang baik, namun ada juga yang tidak.
Seperti halnya bisnis online yang dilakukan melalui jejaring social dengan menggunakan handphone yang saat ini marak dilakukan oleh para konsumen. Salah satunya adalah bisnis online baju. Hasil akhirnya adalah baju tidak sesuai dengan gambar yang diberikan, pedagang bisnis online pun tida mengatakan yang sebenarnya kepada pembeli. Misalkan, pada gambar blazer tersebut berwarna coklat tua. Namun pada saat pengiriman warna menjadi berubah menjadi coklat muda dan bahan yang digunakan sangat murah transaparan dan gerah. Ini salah satu etika yang tidak baik dalam berbisnis. Penulis sendri telah merasakannya 2 x. yang pertama murni membeli barang dari online shop. Yang kedua juga dari online shop, namun distributornya adalah teman sendiri yang mempromosikan barang lewat jejaring social dichatting handphone. Sungguh sangat disayangkan yang terakhir. Bisnis tetaplah bisnis begitulah yang sering diutarakan oleh pebisnis manapun, tidak mengenal teman saudara ataupun kerabat. Ini hanya sebagian dari kasus kecil maraknya bisnis online shop, diluar masih banyak kasus lainnya.

Salah satu bentuk meningkatkan kepercayaan daya beli masyarakat terhadap bisnis online shop adalah dengan mendirikan store atau tempat secara fisik dengan alamat yang jelas dan sesuai. Agar pembeli yang akan membeli pun dapat mempercayainya, bahwa bisnis online yang dijalankan bukan sekedar bisnis abal-abal biasa. Kemudian menggambarkan barang hasil produksi sesuai dengan yang tertera pada gambar. Jika ada stok kosong, maka diberitahukan terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahpahaman antara penjual dan pembeli. Berbisnis online jika dijalankan dengan baik akan menghasilkan keuntungan yang baik pula karena bisnis ini sangat mudah dijalaninya jika ditekuni oleh penggunanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar