Pengertian
kelompok adalah merupakan kumpulan dari tiap-tiap individu karena memiliki
kesamaan yang sejenis. Pengaruh individu juga termasuk kedalam perilaku
konsumen. Oleh sebab itu pengaruh individu dalam kelompok juga memberikan andil
yang berarti. Jenis pengaruh kelompok referensi tertentu untuk alasan yaitu:
a.) Mendapatkan pengetahuan yang berguna.
b.) Mendapatkan ganjaran (rewards) atau
menghindari hukum.
c.) Memperoleh makna untuk membentuk,
memodifikasi data mempertahankan konsep diri mereka.
Kelompok
ibu-ibu PKK misalnya, mereka mempunyai kesamaan yang membuat mereka membentuk
kelompok tersebut. Dalam setiap perkumpulannya terjadi interaksi antar individu
yang bisa memberikan informasi. Biasanya jika ada produk murah dan bagus
ibu-ibu tersebut akan secara mudah mempromosikan barang yang telah dibeli dan
digunakan. Mereka akan memberikan masukan yang juga akan berdampak pada
perilaku konsumen. Seperti halnya ada sebuah produk sabun cuci XYX yang sedang
mengadakan promosi. Lalu akan menceritakan pengalamannya dalam menggunakan
produk tersebut. Saat ibu-ibu yberada diswalayan mereka juga pasti akan
melakukan uji ‘coba-coba’ jika merasa cocok akan melanjutkan untuk terus
menggunakan prosuk tersebut. Pada kondisi lain, ada ibu-ibu yang tidak dengan
sengaja membeli produk sabun cuci tersebut karena penasaran atas tawaran
promosi yang diberikan. Pengaruh individu sangat kuat dalam memberikan
informasi untuk dievalusi lebih lanjut oleh konsumennya.
Dengan
kata lain bahwa kata-kata dapat mempengaruhi perilaku konsumen, ini dapat juga
dilihat dari banyaknya orang pemasar memberikan iklan dalam bentuk kata-kata
yang menarik perhatian konsumen. Dampak positif komunikasi inilah yang menjadi
landasan dan tujuan dalam mempelajari perilaku konsumen dalam pengaruh
individu.
sumber : pksm.mercubuana.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar