Sabtu, 22 Desember 2012

PENGARUH INDIVIDU



Pengertian kelompok adalah merupakan kumpulan dari tiap-tiap individu karena memiliki kesamaan yang sejenis. Pengaruh individu juga termasuk kedalam perilaku konsumen. Oleh sebab itu pengaruh individu dalam kelompok juga memberikan andil yang berarti. Jenis pengaruh kelompok referensi tertentu untuk alasan yaitu:
a.)   Mendapatkan pengetahuan yang berguna.
b.)   Mendapatkan ganjaran (rewards) atau menghindari hukum.
c.)   Memperoleh makna untuk membentuk, memodifikasi data mempertahankan konsep diri mereka.
Kelompok ibu-ibu PKK misalnya, mereka mempunyai kesamaan yang membuat mereka membentuk kelompok tersebut. Dalam setiap perkumpulannya terjadi interaksi antar individu yang bisa memberikan informasi. Biasanya jika ada produk murah dan bagus ibu-ibu tersebut akan secara mudah mempromosikan barang yang telah dibeli dan digunakan. Mereka akan memberikan masukan yang juga akan berdampak pada perilaku konsumen. Seperti halnya ada sebuah produk sabun cuci XYX yang sedang mengadakan promosi. Lalu akan menceritakan pengalamannya dalam menggunakan produk tersebut. Saat ibu-ibu yberada diswalayan mereka juga pasti akan melakukan uji ‘coba-coba’ jika merasa cocok akan melanjutkan untuk terus menggunakan prosuk tersebut. Pada kondisi lain, ada ibu-ibu yang tidak dengan sengaja membeli produk sabun cuci tersebut karena penasaran atas tawaran promosi yang diberikan. Pengaruh individu sangat kuat dalam memberikan informasi untuk dievalusi lebih lanjut oleh konsumennya.
Dengan kata lain bahwa kata-kata dapat mempengaruhi perilaku konsumen, ini dapat juga dilihat dari banyaknya orang pemasar memberikan iklan dalam bentuk kata-kata yang menarik perhatian konsumen. Dampak positif komunikasi inilah yang menjadi landasan dan tujuan dalam mempelajari perilaku konsumen dalam pengaruh individu.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar